Proyek Tol, Ratusan Hektare Sawah dan Ladang di Cilacap Terancam Hilang

Proyek Tol, Ratusan Hektare Sawah dan Ladang di Cilacap Terancam Hilang
Gambar: Petani di cilacap kroya sedang panen raya ( 20/2/19. ISTIMEWA)
Cilacap  – Wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah berpotensi kehilangan sawah produktif sedikitnya ratusan hektare dalam proyek pembangunan tiga jalan tol yang melintas di wilayah pesisir selatan ini. Padahal, Cilacap merupakan salah satu wilayah lumbung padi nasional.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Cilacap, Hamzah mengatakan, Cilacap berpotensi kehilangan sedikitnya 530 hektare dalam proyek tiga tol, yakni proyek Tol Bandung-Cilacap, Tol Pejagan-Cilacap dan Tol Cilacap-Yogyakarta.

“Kalau saya mengikuti trase yang sudah ada payung hukumnya. Itu untuk jalan tolnya saja, itu 530 hektare,” katanya.

Menurut dia, angka potensi kehilangan sawah produktif itu adalah angka minimal, jika melihat rancangan trase (rute) tiga tol Cilacap-Bandung, Cilacap-Pejagan dan Cilacap-Yogyakarta. Angka kehilangan sawah produktif itu masih berpotensi bertambah mengingat belum dihitungnya jalur keluar atau exit tol tiga ruas tol ini.

Pasalnya, hingga saat ini PUPR Cilacap belum memperoleh rute resmi. Perhitungan tersebut, ujar dia, masih berdasar pada Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan gambaran trase Binamarga Pusat.

“Mungkin, itu belum menghitung exitnya ya. Exit itu kan butuh lebih luas lagi. Nah, kita nggak tahu di Cilacap ada berapa exit nantinya. Karena nanti, dari arah utara, yang Pejagan Cilacap, itu juga kan trasenya provinsi itu kan melewati Maos. Maos itu lumbung padi juga kan,” jelasnya.

Hamzah mengemukakan, selain berpotensi menghilangkan sawah, tiga proyek strategis nasional tersebut juga berpotensi untuk menggunakan lahan-lahan yang kini sudah jelas peruntukannya, misal untuk permukiman.

Namun, dia menegaskan, dari komunikasi yang dilakukan dengan pusat, Pemda Cilacap meminta agar sebisa mungkin tol menghindari pembebasan di lahan produktif atau permukiman.

Diketahui, saat ini pemerintah tengah memproses tiga tol, meliputi Tol Bandung-Cilacap ruas Ciamis-Cilacap, Cilacap-Pejagan, dan Cilacap-Yogyakarta. Titik sambung ketiga tol tersebut berada di Kabupaten Cilacap.

Sumber: gatra.com

0 Response to "Proyek Tol, Ratusan Hektare Sawah dan Ladang di Cilacap Terancam Hilang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel