Telah beredar video yang menyebutkan adanya telur palsu yang beredar di Cilacap

Telah beredar video yang menyebutkan adanya telur palsu yang beredar di Cilacap.
Video yang berdurasi kurang lebih 1 menit itu diunggah media sosial Instagram yang memperlihatkan seorang wanita yang sedang memasak adonan dengan berbahan telur.

Wanita dalam video tersebut, menjelaskan bahwa telur tersebut menurutnya palsu. Pada saat dipecahkan, dia memperlihatkan kuning telur berwarna kuning mencolok.

Selain itu kuning telur tersebut terlihat kenyal dan tidak mudah pecah. Begitupun pada cangkangnya, dia juga memperlihatkan selaput yang menurutnya kertas.

Cairan putih telur tersebut juga menurutnya sangat cair, dia telah membeli telur tersebut dari toko yang berbeda.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menyatakan bahwa video yang telah beredar di media sosial tersebut adalah salah.

Menurut salah satu media yang dikutip oleh Kominfo, Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, Susilan mengatakan bahwa keberadaan telur tersebut tidak benar.

Menurutnya tidak mungkin jika telur bisa di palsukan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga sudah menanggapi untuk membuat telur mainan harganya lebih mahal dari harga telur asli.

“LIPI juga sudah menanggapi, bahwa isu seperti itu tidak benar. Karena untuk membuat telur mainan harganya juga hampir 10 sampai 15 kali lipat dari harga telur," ujarnya.

Tidak mungkin, apalagi di Cilacap, karena kita selalu melakukan monitoring berkaitan dengan keamanan pangan, dan kita juga sudah punya jaring keamanan pangan,” terangnya.

Susilan juga menjelaskan, beredarnya video tersebut akibat ketidaktahuan dari masyarkat akan ciri-ciri telur yang baik.

Padahal sebetulnya ciri telur yang baik itu, seperti telur yang dianggap palsu tersebut.

Dikutip dari situs Health line, bahwa kuning telur yang baik itu tidak mudah pecah, sedangkan cara lain untuk membedakan telur tersebut dengan mencium baunya.

Selain hidung Anda, mata Anda juga adalah alat yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah telur itu baik atau buruk.

Anda juga dapat memeriksa untuk melihat apakah putih atau kuning telur berair. Ini merupakan indikasi bahwa telur sudah tua dan kualitasnya sudah menurun.

Penyebaran kasus telur palsu seperti ini sudah terjadi sebelumnya di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Atas kejadian serupa Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Syamsul Maarif menjelaskan bahwa dengan ditemukannya telur-telur dengan ciri tidak normal seperti kuningnya yang lembek, putih telur terlalu cair, atau tidak lengket di tangan kemungkinan karena faktor alam akibat penyimpanan yang terlalu lama.

"Biasanya telur itu sudah terlalu lama atau ayamnya sakit, sehingga mempengaruhi kondisi telur," kata Syamsul seperti yang dikutip dari situs resmi Kementerian Pertanian Indonesia.

Sebetulnya, telur itu tidak bisa disimpan terlalu lama karena akan memengaruhi konsistensinya.
Sedangkan yang dinyatakan seperti kertas tersebut, merupakan membrane cangkang .

Masyarakat diimbau selalu waspada terhadap informasi atau video yang tersebar terutama di media sosial. Jangan mudah terprovokasi atas isu yang belum diketahui faktanya.***Sebetulnya, telur itu tidak bisa disimpan terlalu lama karena akan memengaruhi konsistensinya.
Sedangkan yang dinyatakan seperti kertas tersebut, merupakan membrane cangkang .

Masyarakat diimbau selalu waspada terhadap informasi atau video yang tersebar terutama di media sosial. Jangan mudah terprovokasi atas isu yang belum diketahui faktanya.***

Sumber : https://depok.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-09343510/beredar-isu-ada-telur-palsu-di-cilacap-simak-faktanya?page=3

0 Response to "Telah beredar video yang menyebutkan adanya telur palsu yang beredar di Cilacap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel