Warga Resah Rencana Pembangunan Waterboom di Karanggayam, Ini Masalahnya

Pembangunan Waterboom di Karanggayam
Pembangunan Waterboom di Karanggayam
Sejumlah warga Desa/Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen resah dengan rencana pembangunan waterboom di desa setempat. Keresahan warga tersebut disebabkan karena mereka mengaku tidak pernah mendapatkan sosialisasi sama sekali dari pihak investor.

Husein (50) warga di sekitar lokasi pembangunan mengakui hingga saat ini pihak pembangun belum melakukan sosialisasi kepada warga. Meskipun pekerjaan proyek telah berlangsung sekitar kurang sebulan lalu, dia belum mengetahui secara pasti apa yang hendak dibangun di depan rumahnya.

“Mau dibangun apa tidak tahu tapi informasinya kolam renang atau apa,” kata Husein saat ditemui wartawan, Senin  10 Februari 2020.

Warga Menyayangkan Tidak Ada Sosialisasi
Hal senada juga disampaikan oleh Purwadi (49) yang rumahnya berbatas pagar dengan lokasi pembangunan. Dia juga tidak mengetahui akan dibangun apa tempat tersebut. Dia mengku jika untuk wisata tentunya akan sangat baik. Harapannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Namun sayangnya hingga sekarang tidak ada sosialisasi kepada masyarakat. Sama sekali,” paparnya.

Warga Desa Khawatir Debit Air akan Turun
Selain tidak adanya sosialisasi kepada warga, keresahan warga dipicu oleh kekhawatiran mereka terhadap air di wilayah mereka. Pasalnya, daerah tersebut merupakan daerah yang sulit air utamanya pada musim kemarau.

Mereka khawatir jika air di daerah itu dibor untuk memenuhi kebutuhan waterboom, debit akan untuk warga akan berkurang.
Sementara itu, dari pantauan di lapangan tampak sejumlah pekerja masih melakukan pekerjaan pembanguna pagar di area pembangunan yang lokasinya berseberangan dengan Mapolsek Karanggayam tersebut.

Pagar setinggi 2 meteran itu dibangun mengelilingi area seluas satu hektare tersebut. Jika sebelumnya terdapat alat berat yang beroperasi meratakan lokasi, saat media menyambangi lokasi tersebut, alat berat sudah tidak terlihat.

Pemerintah Desa Akui Belum Ada Sosialisasi ke Warga
Kepala Desa/Kecamatan Karanggayam Djasirun saat dimintai konfirmasi terkait rencananya pembangunan waterboom mengaku mengetahui akan dibangun waterboom dari pemberitahuan lisan. Akan tetapi terkait dengan proses administrasi pihaknya belum menerima surat apapun dari investor.

“Adapun terkait perijinan pihaknya masih belum mengetahui sampai mana. Yang jelas pihak desa masih belum mendapatkan surat,” ujar Djasirun.

Djasirun menambahkan, awalnya tanah di area tersebut merupakan milik warga yang telah dijual. Setidaknya terdapat 10 warga yang tanahnya dibeli oleh investor yang merupakan warga setempat yang sukses di Jakarta.

“Saat ini pembebasan tanah sedang dalam proses notaris,” ucapnya.

Adapun pembangunan lokasi tersebut, imbuh Djasirun yang dia ketahui dikerjakan salah satunya oleh anggota dewan Agus Supriyanto. Terlebih lagi, sebagian besar pekerja didatangkan dari luar Kebumen.

“Pihaknya proyek beralasan karena pekerjaan teknis masih memerlukan keahlian khusus,” katanya. 

0 Response to "Warga Resah Rencana Pembangunan Waterboom di Karanggayam, Ini Masalahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel