Iklan

Cegah Corona Mewabah di Cilacap, Dinkes Cilacap Pantau Kesehatan TKA di Setiap Daerah Termasuk Pedesaan

PLTU Cilacap Salah satu perusahaan mempekerjakan TKA asal China
PLTU Cilacap Salah satu perusahaan mempekerjakan TKA asal China
Cilacap - Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing (TKA) untuk menangguhkan perjalanan ke luar negeri. Selain itu, perusahaan juga diminta untuk tidak mengizinkan dulu, TKA yang tengah mudik ke negara asalnya, kembali ke Cilacap.

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Pramesti Griana Dewi mengatakan, langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi menyebarnya virus Corona dari negara-negara endemik. Dia pun mengklaim, sejauh ini tak ada TKA atau WNA yang terindikasi virus corona.

“Sejauh ini saya mendapatkan informasi, perusahaan tidak membolehkan tenaga kerja asingnya untuk masuk ke Indonesia. Jadi selama tidak ada kontak dengan warga negara luar, atau tidak melakukan perjalanan luar negeri, kita tetap aman,” katanya.

Namun begitu, langkah antisipasi tetap dilakukan untuk menangkal menyebarnya virus corona. Salah satunya yakni dengan pemantauan di perusahaan yang mempekerjakan TKA. Selain itu, Dinkes dan KKP juga memasang thermo scanner di pintu Pelabuhan Tanjung Intan dan Bandara Tunggul Wulung.

“Selalu berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan, terutama yang ada tenaga kerja asingnya. Mungkin, tidak sampai ke pemeriksaan ya. Kita memantau, mencari informasi saja,” jelasnya.

Pramesti mengemukakan, standar keamanan di fasilitas kesehatan juga ditingkatkan. Diantaranya dengan penggunaan masker, dan penyiapan tempat cuci tangan untuk pengunjung pasien.

Dia menambahkan, sebelumnya satu WNA suspect virus Corona. WNA berjenis kelamin perempuan itu sebelumnya tiba dengan keluarganya yang merupakan TKA Tiongkok di PLTU Cilacap. Ia menderita demam, mual dan pusing. Kemudian, WNA tersebut diisolasi di RSUD Margono, dan dinyatakan negatif Corona.

“Ini kan hasil pemantauan kita yang dulu ya. Setelah itu tidak ada kasus lagi,” ucapnya.

0 Response to "Cegah Corona Mewabah di Cilacap, Dinkes Cilacap Pantau Kesehatan TKA di Setiap Daerah Termasuk Pedesaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel