Iklan

Penemuan Sosok 'Tuyul' Muka Menyeramkan Gegerkan Warga Ciamis, Jawa Barat Ternyata, sosok 'tuyul' ini

Sosok dalam botol menyerupai tuyul di Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah
Sosok dalam botol menyerupai tuyul di Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Penemuan sosok 'tuyul' muka menyeramkan dalam botol gegerkan warga Ciamis, Jawa Barat. Ternyata, sosok 'tuyul' ini bentuknya mirip dengan kumanthong atau jimat dari Thailand. Berikut penjelasannya.
Menurut berbagai sumber, Kumanthong merupakan sebuah jimat yang dpercaya akan membawa keberuntungan dan kekayaan bagi pemiliknya jika dihormati. Kuman, atau
Kumara ( Pali ) berarti "bocah laki-laki yang dikuduskan".

Kuman Thong otentik berasal dari praktik necromancy. Mereka diperoleh dari janin yang dikeringkan dari anak-anak yang telah meninggal ketika masih dalam kandungan ibu mereka. Para dukun dikatakan memiliki kekuatan untuk memohon bayi yang lahir mati, mengadopsi mereka sebagai anak-anak mereka, dan menggunakannya untuk membantu mereka dalam usaha mereka.

Menurut dari berbagai sumber, pada umumnya, jimat Kumanthong berasal dari Thailand yang berisi bayi di dalam sebuah botol kecil.

Hal ini yang membuat persamaan dengan sosok 'tuyul' menyeramkan yang ditemukan di Ciamis. Cirinya, berada di dalam botol kecil berukuran 5 centimeter, di dalam terdapat sosok menyerupai janin bayi. Di dalamnya sama-sama terdapat sedikit cairan.

Kumanthong dipercaya harus diperlakukan layaknya seorang bayi, mulai dari memberi makan dan mainan serta lainnya. Sebagai gantinya, jimat itu akan melindungi dan memberi keberuntungan bagi pemiliknya selama dirawat.

Ibnu Kasir alias Mbah Gondrong, penemu sosok 'tuyul' di belakang rumahnya Dusun Pahauran 02/06 Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, mengaku tak mengetahui makhluk atau benda apa yang ditemukannya.

Menurut Mbah mengatakan sebagian warga menduga sosok itu adalah tuyul. Namun menurut penemuannya, benda tersebut hanya sosok yang menggambarkan bayi dan sosok gambaran jin dengan rupa menyeramkan.

"Wajahnya menyeramkan berbeda dengan manusia. Memang kita sebagai umat islam harus percaya terhadap hal-hal goib," jelas Ibnu Kasir yang sehari-hari bekerja sebagai petani dan guru ngaji.

Mbah juga menjelaskan selama ditemukan benda tersebut tak melihat ada pergerakan. Namun ia tak bisa menegaskan benda tersebut hidup atau tidak.

"Di rumah saya sudah beberapa hari tapi saya tidak melihat sosok ini bergerak. Tidak hidup atau bergerak. menurut saya benda ini hanya sosok satu menyerupai bayi yang masih merah, sosok satu lagi berwajah menyeramkan gambaran jin," ujar Mbah Gondrong di rumahnya.

Sumber: Detik.com

0 Response to "Penemuan Sosok 'Tuyul' Muka Menyeramkan Gegerkan Warga Ciamis, Jawa Barat Ternyata, sosok 'tuyul' ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel